Pages

Rabu, 28 Juli 2010

Mahasiswa Indonesia Raih Prestasi Internasional Bidang Pangan

Malang (ANTARA News) - Sejumlah mahasiswa Indonesia, tiga di antaranya berasal dari Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya (FTP-UB) Kota Malang, Jawa Timur, berhasil meraih prestasi internasional di bidang pangan.

Humas UB Malang, Pranatalia Pratami Nugraheni, dikonfirmasi, Kamis mengatakan, keberhasilan meraih juara satu, dua dan tiga kompetisi teknologi pangan internasional yang digelar di Chicago, AS dalam acara 10 tahun Institute of Food Technologists (IFS) "Annual Meeting and Food Expo" yang berlangsung 17-20 Juli 2010.

Perwakilan Indonesia, terdiri dari mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) yang tergabung dalam tim "Crantz" dan tim "Zuper T" berhasil menyabet juara juara I dan II serta mahasiswa UB Malang dengan tim "Arrice" berhasil merebut juara III.

Dikatakan Lia, panggilan akrab Pranatalia Pratami Nugraheni, mahasiswa UB yang meraih juara tiga adalah, Anugerah Dany P dari Jurusan Teknologi Hasil Pertanian angkatan 2008, Fathy F Bahanan dari Jurusan Teknik Pertanian angkatan 2007 serta Danial Fatchur R dari Jurusan Teknik Pertanian angkatan 2007.

Ia menjelaskan, kompetisi itu mengambil tema "Provide Sustainable, Nutritional and Affordable Food for Family with Small Children" yang mempertandingkan studi penelitian pertanian.

Ketiga Mahasiswa UB itu, mempresentasikan hasil penelitiannya yang berjudul "Fighting For Malnutrition in Indonesia By Production of Artificial Rice Based on Arrow Root and Cassava With Addition of Cowpea".

Dalam penelitian itu, ketiga Mahasiswa UB membuat beras tiruan dari umbi-umbian dan kacang-kacangan, sebab dalam makalah yang dipresentasikan sebelumnya dijelaskan tidak semua umbi-umbian dan kacang-kacangan bisa dimanfaatkan dalam pembuatan beras tiruan.

Karena itu, mereka menggunakan kacang tunggak sementara untuk umbi yakni memakai umbi garut dan singkong. "Dengan inisiatif tersebut, ketiganya berhasil menyabet gelar ketiga dalam kompetisi itu," paparnya.

Sementara itu, sebagai perwakilan UB, Lia menyampaikan bahwa seluruh civitas akademika UB merasa bangga dengan gelar yang diraih mahasiswa UB di ajang internasional itu.

Untuk itu, pihak manajemen UB akan memberikan penghargaan berupa pembebasan biaya SPP sepanjang kulian di UB. "Itu biasanya penghargaan yang diberikan terhadap mahasiswa kami yang berprestasi internasional, sebab ketiga mahasiswa itu sudah membawa harum nama baik UB dan Bangsa Indonesia," katanya.
 (T.ANT-162/C004/P003)

sumber:http://www.antaranews.com/berita/1279789519/mahasiswa-indonesia-raih-prestasi-internasional-bidang-pangan

Tidak ada komentar: